Beranda | Artikel
Ilmu Adalah Sebab Hidupnya Hati
Kamis, 3 Juni 2021

Bersama Pemateri :
Ustadz Abdullah Taslim

Ilmu Adalah Sebab Hidupnya Hati adalah bagian dari ceramah agama dan kajian Islam ilmiah dengan pembahasan kitab Keutamaan dan Kemuliaan Ilmu. Pembahasan ini disampaikan oleh Ustadz Abdullah TaslimM.A. pada Kamis, 22 Syawal 1442 H / 3 Juni 2021.

Ceramah Agama Islam Tentang Ilmu Adalah Sebab Hidupnya Hati

Saat ini kita masuk segi keutamaan ilmu yang ke-102, yaitu ilmu adalah sebab hidupnya hati. Hati merupakan tempat iman, tempat ikhlas, tempat rasa takut, cinta, pengharapan, tawakal, ridha dan semua kebaikan-kebaikan besar yang lainnya. Ini semua tidak hidup kecuali dengan taufik dari Allah Subhanahu wa Ta’ala melalui ilmu agama yang diturunkanNya.

Ibnul Qayyim Rahimahullahu Ta’ala membawakan dalam pembahasan ini ucapan salah seorang ulama terdahulu:

اليس المريض إذا منع الطعام والشراب والدواء يموت قالوا بلى قالوا فكذلك القلب إذا منع عنه العلم والحكمة ثلاثة ايام يموت

“‘Bukankah orang yang sedang sakit kalau tidak diberi makan, minum dan obat, maka dia akan mati? Murid-muridnya berkata: ‘Iya betul.’ Maka ulama itu menjawab: ‘Seperti itu keadaan hati manusia kalau dia dicegah dari ilmu yang benar selama tiga hari maka hati itu akan mati.`”

Subhanallah, ini gambaran yang nyata dan benar, namun banyak orang tidak menyadarinya. Sebagaimana banyak orang yang sakit dia tidak menyadari sakitnya, tiba-tiba langsung bereaksi hebat kemudian dia binasa. Na’udzubillahi min dzalik.

Kalau tubuh manusia masih mending keadaannya, insyaAllah kalau dia punya iman yang benar maka dia selamat di akhirat. Tapi kalau hatinya yang mati, imannya mati, kebaikan-kebaikan inti pada dirinya hancur, tiba-tiba kemudian langsung hilang iman dari dirinya, hilang tauhid dari hatinya, maka ini adalah kebinasaan yang abadi. Na’udzubillahi min dzalik.

Ibnul Qayyim Rahimahullahu Ta’ala mengomentarinya dengan mengatakan: “Benar ucapan ini.” Hati manusia akan mati jika jauh dari ilmu selama tiga hari. Karena ilmu agama adalah makanan dan nutrisi bagi hati manusia sekaligus minuman dan obatnya.

يَا أَيُّهَا النَّاسُ قَدْ جَاءَتْكُم مَّوْعِظَةٌ مِّن رَّبِّكُمْ وَشِفَاءٌ لِّمَا فِي الصُّدُورِ وَهُدًى وَرَحْمَةٌ لِّلْمُؤْمِنِينَ

Wahai manusia, sungguh telah datang kepadamu dari sisi Allah sebaik-baik nasihat dan obat bagi hatimu serta petunjuk dan rahmat bagi orang-orang yang beriman.” (QS. Yunus[10]: 57)

Jadi ilmu adalah makanan, minuman, sekaligus obat bagi manusia. Bahkan kata beliau kehidupan hati manusia tergantung dari adanya ilmu.

Bagaimana penjelasan selanjutnya? Mari download mp3 kajian dan simak penjelasan yang penuh manfaat ini..

Download MP3 Kajian


Artikel asli: https://www.radiorodja.com/50222-ilmu-adalah-sebab-hidupnya-hati/